Tips Belajar Huruf Katakana Untuk Pemula

Huruf Katakana merupakan salah satu dari ketiga jenis huruf dalam Bahasa Jepang. Meskipun huruf ini merupakan huruf kedua setelah Hiragana, tetapi sangat sering digunakan oleh orang Jepang. Terutama ketika kita melihat-lihat kota-kota dan pusat-pusat perbelanjaan di Jepang, maka akan sangat banyak sekali huruf katakana tertenteng di sana.

Fungsi Huruf Katakana

Jika huruf hiragana digunakan menuliskan kata-kata yang terdapat dalam kamus besar bahasa Jepang, lain lagi dengan huruf Katakana yang digunakan untuk menuliskan serapan dan kata-kata asing.

Nama yang tidak memiliki aksara kanji pun tentunya menggunakan huruf katakana. Salah satu contohnya adalah nama-nama orang Indonesia yang tidak memiliki karakter kanji, maka tulisannya menggunakan huruf Katakana.

Tetapi nama-nama Cina karena sudah memiliki huruf Kanji, maka tetap menggunakan huruf Kanji meskipun cara bacanya berbeda.

Selain itu, huruf Katakana juga seringkali digunakan untuk onomatopoeia, yaitu jenis-jenis suara alam seperti suara binatang atau suara yang berasal bukan dari manusia.

tips belajar huruf katakana
Pusat Perbelanjaan di Akihabara dipenuhi dengan tulisan Katakana

Jenis-jenis Huruf Katakana

Huruf katakana memiliki lebih dari satu jenis, dimana dibagi ke dalam tiga bagian. Diantaranya adalah:

  • Katakana Standar
  • Katakana Dakuon
  • Katakana Yoon

Untuk melihat daftar dari Katakana, anda bisa mengunjungi situs Weihome Gakuen. Sementara di sini akan membahas sedikit tentang jenisnya saja

Katakana Standar

Katakana standar terdiri dari 46 jenis huruf katakana. Ini merupakan katakana dasar yang terbentuk dari huruf vokal dan konsonan hidup. Jika dalam bahasa Indonesia huruf tersebut hanya terdiri dari huruf vokal dan konsonan mati, berbeda dengan katakana yang tidak memiliki huruf mati.

Susunannya pun berbeda. Jika abjad bahasa Indonesia terdari dari huruf A hingga Z, huruf katakana dan hiragana terbentuk dari susunan A, I, U, E, O, KA, KI, KU, KE, KO, dan seterusnya.

Katakana Dakuon

Katakana dakuon sendiri merupakan huruf yang termodifikasi dari huruf katakana standar karena membutuhkan jenis bunyi yang lainnya. Dakuon sendiri berarti tebal, sehingga huruf standar pun menjadi menebal cara pengucapannya.

Beberapa diantaranya adalah:

  • Huruf K menjadi G
  • Huruf S menjadi Z
  • Huruf T menjadi D
  • Huruf H menjadi B dan P

Adapun cara mengubahnya adalah dengan menambahkan dua tanda kutip untuk huruf G, Z, D, dan B, sementara untuk P menggunakan bulatan kecil yang disebut Maru.

Katakana Yoon

Katakana Yoon terbentuk dari huruf katakana standar Ya Yu Yo, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran biasanya.

Ini difungsikan untuk mematikan huruf konsonan sebelumnya. Seperti misalnya bisa membedakan antara Biyouin dan Byouin, maka kata Byouin haruslah menggunakan kata Yoon.