Tak Disadari, Hamil Tanpa Gejala Apapun, Normalkah?

Ibu hamil pasti merasakan beberapa perubahan yang terjadi pada dirinya. Beberapa gejala yang muncul bahkan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan kesulitan. Beberapa ibu lainnya bahkan merasakan bahwa hamil adalah masa yang sangat menyakitkan. Namun adakah ibu hamil yang hamil tanpa gejala apapun?

Memang tidak banyak ibu hamil yang tidak merasakan gejala-gejala hamil seperti mual, pusing, dan muntah-muntah seperti yang terjadi pada ibu hamil pada umumnya. Perubahan hormon dalam tubuh manusia umumnya akan mempengaruhi banyak hal dalam tubuh ibu hamil sehingga tak jarang terjadi perubahan pada fisik dan psikis ibu hamil.

Jika ibu hamil tidak merasakan perubahan dan gejala gejala yang biasa dirasakan ibu hamil, kehamilan tersebut juga tetap termasuk kehamilan yang normal. Hal ini dikarenakan hormon kehamilan memiliki reaksi berbeda pada tubuh wanita.

Beberapa ibu hamil akan merasakan mual, tapi ada pula yang tak mengalaminya sama sekali. Ada yang menjadi lemas dan gampang lelah saat hamil, namun ada pula yang makin penuh semangat ketika hamil. Perbedaan kondisi ini juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing ibu hamil.

Jika ibu hamil tanpa gejala apapun tentu perbedaan tersebut tidak berarti. Jika dokter mengatakan Anda sehat dan janin sehat, tentu tak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda hanya perlu melakukan kegiatan seperti biasa sambil mengikuti anjuran dokter agar kehamilan Anda sehat dan lancar sampai persalinan.

Tidak merasakan tanda-tanda kehamilan tertentu adalah hal normal dan bukan pertanda bahwa janin bermasalah. Beberapa ibu yang hamil juga baru merasakan gejala kehamilan saat mencapai usia kandungan 7 minggu atau bahkan hingga akan melahirkan tidak merasakan gejala apapun.

Bagi beberapa ibu, gejala kehamilan muncul secara perlahan, ada pula yang muncul tiba-tiba tanpa peringatan. Gejala kehamilan setiap wanita pada dasarnya berbeda-beda jadi Anda bisa memeriksakan diri pada dokter apabila ada yang aneh.

Anda mungkin belum merasakan gejala apapun jika usia kehamilan masih muda karena embrio calon bayi baru menempel di dinding rahim 6-12 hari setelah ovulasi. Selama masa ini, tubuh Anda tidak menyadari perubahan apapun, sehingga tidak menunjukkan gejala kehamilan. Bisa jadi gejalanya akan muncul ketika memasuki trimester kedua atau bahkan ketiga.

Jika Anda merasa cemas akan kehamilan, Anda bisa melakukan USG untuk memastikan bahwa janin tumbuh dengan sehat meskipun Anda tidak merasakan tanda kehamilan sama sekali. Tetaplah mengonsumsi vitamin kehamilan dan makanan sehat.

Hamil tanpa gejala apapun merupakan hal yang normal. Hanya saja tidak dirasakan semua ibu hamil. Hanya sebgaian kecil yang tidak merasakan kesulitan dan perubahan saat hamil. Tetap penuhi gizi dan nutrisi untuk ibu hamil dan janin dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat Anda pilih di orami.co.id. Jangan lupa belanja kebutuhan ibu dan bayi di orami.co.id!