Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Lengkap

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Jenis mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan merupakan dua jenis klasifikasi makhluk hidup yang sangat sering kita jumpai di lingkungan dan area sekitar kita. Baik hewan maupun tumbuhan memiliki sel yang tersusun seperti makhluk hidup lainnya.

Namun, ada beberapa perbedaan yang dapat kita amati di beberapa bagian dan fungsinya. Yaitu :

Perbedaan Antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dinding sel:

Perbedaan utama antara sel hewan dan tumbuhan terlihat dari dinding sel. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi mempertahankan bentuk sel dan melindunginya dari sel. Dinding sel ini terbuat dari selulosa dan hemiselulosa.

Sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sel hewan hanya memiliki satu membran plasma sebagai batas luar sel hewan.

Sentriol:

Hal yang mendasari didalam perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan adalah sel sentriol yang selanjutntya. Sentriol hanya terjadi dalam sel hewan tetapi tidak dalam sel tumbuhan.

Sentriol adalah sepasang struktur silinder dengan lubang di tengahnya terbentuk dari protein mikrotubulus.

Fungsi sentriol dalam sel hewan adalah untuk mengatur polaritas pembelahan sel dan pembentukan silia dan flagela serta pemisahan kromosom selama pembelahan sel.

vakuola:

Vakuola
Vakuola

Perbedaan antara sel-sel hewan dan tumbuhan berikutnya adalah bahwa mereka dapat dilihat dari vakuola. Sel-sel tumbuhan harus memiliki vakuola, sedangkan sel hewan mungkin memiliki vakuola.

Vakuola dalam sel tumbuhan besar dan cukup jelas. Fungsi pada vakuola dalam sel tumbuhan yakni untuk memasukkan air melewati tonoplast dan sel-sel yang mengandung air dan zat terlarut lainnya.

Meskipun ada beberapa sel hewan yang memiliki vakuola, ada juga yang tidak memiliki vakuola. Secara umum, vakuola hanya terjadi pada hewan uniseluler atau bersel 1 atau tunggal dan relatif kecil.

plastida:

Plastida juga merupakan salah satu hal yang membuat perbedaan dalam sel tumbuhan dan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki plastida tetapi sel hewan tidak memiliki plastida.

Sel-sel tumbuhan mengandung plastida di mana kloroplas hadir. Fungsi kloroplas adalah membuat tumbuhan memakan makanan mereka sendiri yang disebut autotrof.

Kloroplas atau materi hijau daun bertindak sebagai tempat fotosintesis pada tumbuhan. Sementara sel-sel hewan tidak memiliki plastida, mereka tidak dapat menghasilkan makanan mereka sendiri.

lisosom:

Lisosom
Lisosom

Ciri lain yang membedakan sel hewan dari sel tumbuhan adalah lisosom. Lisosom hanya dimiliki oleh sel-sel hewan, tetapi tidak untuk sel tumbuhan.

Sel-sel hewan mengandung lisosom di sitoplasma. Lisosom mengandung sejumlah enzim. Fungsinya untuk membantu pencernaan atau degradasi zat dalam sel hewan.

Sementara jarang ada lisosom dalam sel tumbuhan. Faktanya, hampir tidak pernah ada lisosom di dalam kandungan dalam sel tumbuhan.

Sumber Terkait : https://rumus.co.id