Pengertian Rukun Islam dan 5 Perkaranya

Rukun Islam sama halnya dengan rukun iman yang memiliki prinsip-prinsip dan ibadah yang patut diketahui dan dilakukan bagi orang-orang muslim.

Apabila rukun iman dilakukan setelah kalian meyakini aliran agama islam, untuk itu rukun islam justru patut kalian melakukan supaya menjelma seorang muslim yang sempurna. Mengapa dapat seperti itu?

Rukun islam dan rukun iman agak berbeda, dimana rukun islam kian banyak diwujudkan dalam bentuk kegiatan dan aktivitas badan.

Sedangkan rukun iman condong diwujudkan melalui kepercayaan hati dan perubahan pola pikir, dari yang tidak memahami islam, menjadi kian memahami dan memahami tentang islam.

Baca juga: Kisah inspiratif islami

Seseorang disebut sebagai seseorangan muslim atau enggak dapat dipastikan melintasi beberapa penunjuk, dimana penunjuk tersebut di wujudkan dalam lima kegiatan pokok yang dipelajari dalam islam. 5 ibadah penunjuk tersebut diingat sebagai rukun islam. Jadi, apabila kalian ingin dikatakan sebagai seorang muslim yang sebetulnya, { kalian sebaiknya mengerjakan rukun islam.

Seperti yang telah diucapkan tadi, rukun islam terdiri dari lima hal, yakni:

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan shalat
  3. Mengerjakan puasa di bulan ramadhan
  4. Mengeluarkan zakat
  5. Naik haji bila mampu

Terdapat beberapa hadis yang mengenai adalah berlandaskan hadis yang dikisahkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda kepada para sahabat :

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah.”

Begitu bermanfaat rukun islam sehingga menjadi patokan indikator yang mampu menentukan seorang dianggap sebagai seorang muslim atau bukan. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim sejati kalian harus benar-benar mengerjakan dan mendalami apa yang ada dalam rukun islam. Walaupun berupa kegiatan raga, namun pengertian arti rukun islam begitu berarti. https://angalul.com