Pemahaman Sumur Bor (Apakah itu Sumur Bor?)

Sumur Bor

Pemahaman Sumur Bor (Apakah itu Sumur Bor?)

Pemahaman Sumur Bor

Sumur yang dibikin dengan membor batuan. Sumur adalah lubang atau liang yang dibikin ke tanah untuk mendapatkan air, minyak, air garam, gas, atau info tentang kondisi tanah. Sumur bisa berbentuk sumur galian yang selanjutnya diperlengkapi dengan timba, terowongan miring, atau sumur bor yang selanjutnya diperlengkapi dengan pompa penyedot. Sumur bor yang tak perlu diperlengkapi dengan pompa sebab airnya akan menyembur keluar disebutkan sumber artesis bikinan.

Baca juga: Jasa Sumur Bor Makassar

Tehnik pengeboran sumur telah diketahui jauh sebelum tahun Masehi. Pada peradaban Cina serta Mesir kuno sumur artesis bikinan sudah diketahui. Orang Cina memakai bambu jadi pipa selongsong. Dalam zaman kekinian, tergantung pada kerasnya tanah serta batuan, ada beberapa jenis tehnik pengeboran. Untuk tanah yang keras bisa dipakai tehnik perkusi, alat berkabel, tehnik rotari, serta pengeboran penebuk. Dalam alat paling akhir ini ujung bor seperti palu, serta remukan batuan ditiup keluar dari lubang oleh udara ..tekan yang disemburkan dari atas. (Lihat BOR, MESIN.) Untuk tanah yang lunak, pipa kecil yang dii ngkapi dengan tapisan atau pipa berlubang-lubang didesak masuk ke tanah, baik dengan tangan atau mungkin dengan mesin.

Sesudah lubang dibikin dibutuhkan selongsong untuk menahan runtuhnya tanah serta menutup lubang itu. Dalam soal batuan keras selongsong itu cuma dibutuhkan untuk beberapa bagian yang sangat mungkin longsoran menutup lubang, sebab batuan tersebut sudah adalah pelindung lubang. Dalam soal tanah yang tidak padat pelindung itu bisa berbentuk pipa baja berulir, dengan diameter kurang lebih sama juga dengan diameter lubang.

Ujung lubang sebaiknya terdapat dalam susunan yang memiliki kandungan air tanah yang akan dipompa keluar. Jika susunan ini berbentuk batuan yang keras, mungkin dibutuhkan bahan peledak untuk bikin banyak retakan pada batuan itu. Terkadang dengan memompakan karbon dioksida bertekanan tinggi ke dalamnya, atau bahkan juga memakai asam, susunan tanah di seputar ujung sumur bor itu ditingkatkan. Jika susunan itu berbentuk pasir, bisa dipakai pompa sedot yang kuat, atau berganti-gantian penyedotan serta penekanan balik. Lumpur serta pasir halus sebelumnya akan turut terpompa serta yang tinggal di seputar ujung bor ialah kerikil serta kerakal, yang gampang ditembus air tanah. Dapat kerikil itu dimasukkan ke sumur dengan desakan.

Type serta daya pompa yang dipakai tergantung pada terdapatnya air atau jumlahnya air yang diperlukan, pada diameter lubang, serta pada kedalaman sumur. Pompa sedot biasa bisa dipakai jika kedalaman kurang dari 7 mtr.. Pada sumur yang lebih dalam harus dipakai pompa lift. Jika debet air pompa tidak tinggi, seperti yang biasanya dibutuhkan oleh rumah tangga, bisa dipakai pompa type resi- prok atau perpindahan (displacement pump). Jika dibutuhkan air dalam jumlahnya besar sebaiknya dipakai pompa tipe-impeler yang diameternya lumayan kecil untuk dimasukkan ke sumur.

Saat ini daya untuk memompa biasanya ialah daya listrik melalui motor listrik. Tetapi untuk kepentingan rumah tangga, jika kedalaman tidak kurang dari 10 mtr., beberapa orang masih memakai pompa tangan type dragon. Di negeri yang anginnya menghembus kuat selama tahun, seperti di Amerika Serikat sisi barat, orang manfaatkan tenaga angin. Jika jaringan listrik tidaklah sampai ke tempat, orang memakai motor bakar-dalam atau mesin diesel. Tetapi jika pompa terpendam jauh di tanah, dipakai generator diesel atau bensin untuk memasok tenaga listriknya.

Tehnik sumur bor yang diketahui orang saat ini mampu memompa minyak bumi sampai sedalam 8 km.. Tetapi sumur bor berpompa yang umum dipakai oleh rumah tangga biasanya tidak melewati kedalaman 80 mtr.. Untuk industri serta hotel dan kompleks perkantoran sumur bor itu bisa sedalam 200 mtr..