Mengatasi Masalah Dengan Sabar dan Sholat

jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu

Pernah mendengar arti dari ayat atau hadits yang mengatakan jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu, maksudnya apa yah, kok sabar dan sholat menjadi penolong, dalam bahasan kali ini akan sedikit saya terangkan maksud dari perkataan tersebut.

Sabar dan Ikhlas Membuat Hati Tenang

Yang pertama dikatakan sabar dulu baru sholat, ini bermaksud agar kita menerima dengan ikhlas atas masalah atau bencana yang kita hadapi karena pada hakekatnya semua terjadi atas kehendak dari ALLAH Subhana Huwataala, karena penyebabnya kita sendiri dan dengan sabar tersebut maka pahala akan kita dapatkan, dan sabar juga akan membuat hati kita tenang dan pada akhirnya akan membuat kita bisa melihat masalah yang kita hadapi dengan terang dan akan memecahkan masalah tersebut dengan baik.

Kalau kita tidak sabar, maka keadaan hati kita juga akan kusut dan untuk memecahkan masalah yang kita hadapi juga akan terlihat mumet dan akan semakin sulit kita menyelesaikan masalah kita tersebut, jadi hubungan sabar dengan masalah adalah agar hati kita tenang dan tidak grasa grusu dalam memecahkan masalah tersebut.

Allah Akan Menolong Masalah Kita Dengan Sholat

Lalu yang kedua adalah sholat, harus di pahami bahwa seperti yang di tulis di atas semua masalah atau cobaan yang menimpa kita datang karena ada izin dariALLAH Subhana Huwataala, dan masalah tersebut juga akan lepas karena Izin Allah juga, dan untuk memecahkan masalah tersebut kita di perintahkan sholat karena sholat akan mendekatkan hambanya dengan sang pencipta dan juga akan mendatangkan kecintaan ALLAH kepada kita, dengan cintanya ALLAH kepada kita, maka masalah apapun akan mudah di pecahkan atau di atasi oleh ALLAH sendiri dengan jalan yang tidak kita duga.

Sesederhana itu sebenarnya pemahaman dari sabar dan sholat menjadi penolong di saat masalah atau cobaan datang.

Tapi masalahnya banyak dari kita melupakan anjuran dari ALLAH ini karena kejahilan dan kurang yakinnya kita kepada ayat dan hadits yang ALLAH turunkan melalui Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam. Ini juga akibat dari kita yang menganggap semua masalah hanya dengan pemecahan secara real atau dengan kekuatan fikiran dan tindakan kita saja, mereka melupakan ALLAH sebagai tuhannya, sehingga kalaupun tahu ayat ini banyak dari mereka melalaikannya.

Praktekan Dengan Yakin

Mulai dari sekarang jika kita menjumpai kesusahan dan masalah, maka cobalah untuk bersabar dan mengikhlaskan musibah yang menimpa kita tersebut, lalu instropeksi dengan jujur apa dosa kita sehingga ALLAH Azza Wajallaa menimpakan musibah kepada kita, lalu banyak bertaubat.

Setelah itu kita melaksanakan sholat agar masalah yang kita hadapi mendapatkan jalan keluarnya dari ALLAH Subhana Hu wataala, cobalah praktekan dan lihatlah keajaiban dan pertolongan ALLAH akan datang secara tidak terduga, untuk melakukan ini syaratnya adalah yakin dengan yang kita lakukan tersebut jangan ada ragu sedikitpun.

Di rangkum dari website islami https://penaungu.com semoga bermanfaat.