Jenis – Jenis Tensimeter Yang Sekiranya Anda Perlu Ketahui

tips memilih tensimeter

Jenis Tensimeter – Tensimeter merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Alat ini biasanya digunakan di rumah sakit ataupun klinik oleh dokter ataupun perawat. Kita mengetahui bahwa tekanan darah merupakan salah satu parameter kesehatan yang cukup berpengaruh, oleh sebab itu penting kiranya untuk kita mengetahuinya.

Bisakah kita memiliki tensimeter ? Tentu saja bisa, tensimeter merupakan alat medis yang diperjual belikan secara bebas. Artinya siapa saja bileh membelinya meskipun bukan seorang tenaga medis. Anda juga bisa membelinya sendiri di toko atau distributor alat kesehatan di mana saja. Namun sebelum anda membelinya, ada baiknya anda simak ulasan singkat tentang beberapa jenis tensimeter berikut ini.

Jenis – Jenis Tensimeter

Secara umum terdapat dua macam jenis tensimeter yaitu tensimeter digital dan tensimeter manual. Tensi manual terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu tensi air raksa dan tensi aneroid (jarum).

# Tensimeter Digital

Adalah sebuah tensimeter yang bekerja dengan menggunakan sistem elektronik dan otomatis. Mulai dari pompa udara ke dalam manset hingga untuk menentukan berapa tekanan sistolik dan diastolik dilakukan oleh mesin. Sedangkan displaynya menggunakan layar LCD. Tensimeter ini sangat praktis digunakan, ada cukup hanya menekan satu tombol start, dalam waktu beberapa detik anda sudah bisa melihat hasilnya pada layar lcd.

# Tensimeter Jarum (Aneroid)

Tensimeter jarum atau tensi aneroid merupakan salah satu jenis tensimeter manual. Tensi ini dilengkapi dengan manometer berbentuk jarum seperti stop watch. Karena bersifat manual, tensimeter ini dilengkapi dengan bola tensi untuk memompa manset hingga mengembang. Proses penentuan hasil tekanan darahnya pun dilakukan dengan analisa si pengukur.

# Tensimeter Air Raksa

Memanfaatkan sifat zat tidak hanya kita lihat pada alat seperti termometer. Ternyata air raksa juga bisa dimanfaatkan pada tensimeter. Namun baru – baru ini, jenis tensimeter tersebut sudah tidak boleh lagi digunakan karena alasan keamanan. Jenis tensi ini tidak jauh berbeda dengan tensimeter jarum. Merupakan jenis tensi manual dan proses pengukurannya pun sama seperti tensimeter jarum.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai beberapa jenis tensimeter yang beredar di pasaran. Bila anda ingin membelinya untuk kebutuhan dirumah, anda bisa pertimbangkan dari beberapa jenis tensi tersebut. Sekian, semoga bermanfaat !