Contoh Teks Editorial Tentang Hukum

Sobat, apakah Anda pernah mendengar istilah teks editorial ? Jika Anda sering membaca koran seperti majalah atau koran, di koran biasanya banyak berita yang berisi kumpulan fakta dan informasi berguna untuk Anda. Namun selain berita, biasanya ada kolom lain di surat kabar yang berisi opini atau opini yang ditulis oleh pemimpin redaksi. Sekarang kolom yang berisi opini atau pendapat editor disebut dengan teks editorial.

Apakah Anda masih bingung dengan teks editorial? jika Anda masih bingung, lihat Memahami teks editorial, tujuan, struktur, fungsi, kelebihan, dan contoh teks editorial lengkap di bawah ini.

Contoh teks editorial tentang hukum

Insiden pelanggaran HAM yang menyeramkan

Pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Indonesia dan luar negeri. Pelanggaran hak asasi manusia adalah semua tindakan seseorang atau sekelompok orang, termasuk pejabat negara, disengaja atau tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghambat, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia dari seseorang atau sekelompok orang yang dijamin oleh hukum dan tidak mendapatkan atau takut bahwa mereka tidak akan mendapatkan penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Sebagai contoh, di Indonesia, ada banyak kasus pelanggaran HAM yang belum diselidiki secara menyeluruh, ini jelas merupakan masalah bagi kita semua untuk belajar dari sejarah tentang contoh-contoh pelanggaran HAM di Indonesia dan berbagai negara agar tidak untuk mengulangi hari kemudian.

Coba bayangkan betapa kejamnya negara kita ketika hak asasi manusia seperti menulis dan nama yang tidak berfungsi. Jelas tidak semua dari kita ingin berada di era di mana ada banyak pelanggaran serius dan serius terhadap hak asasi manusia. Apalagi jika sekarang ini hak asasi manusia sama dengan sebelumnya, jelas ada banyak jenis pelanggaran hak asasi manusia di sekitar kita, jadi untungnya kita sekarang memiliki hak asasi manusia sekarang, kuat dan bahwa kita bisa mengurus kita semua.

Banyak contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia menjadi pelajaran yang bisa diambil untuk tidak diulang dengan kebijakan pemerintah yang kuat tentang ketegasan dalam pemeliharaan hak asasi manusia (HAM). Bukti kebijakan untuk melindungi HAM dari terjadinya pelanggaran HAM dapat dilihat dari minimnya kasus pelanggaran HAM saat ini.

Sebelum membahas contoh-contoh kasus pelanggaran HAM, Anda tahu pengertian HAM (HAM) menurut UU n. 39 tahun 1999, hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat dalam sifat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Mahakuasa dan merupakan karunia-Nya yang harus dihormati, didukung dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan oleh semua untuk kehormatan dan perlindungan martabat dan martabat manusia. Menurut pasal 9 undang-undang n. 39 tahun 1999 tentang berbagai hak asasi manusia adalah sebagai berikut:

Hak atas kesejahteraan
Hak untuk hidup
Hak untuk berkembang
Hak atas keamanan
Hak keluarga dan keluarga berkelanjutan
Hak atas kebebasan pribadi
Hak atas keadilan
Hak untuk wanita
Hak anak-anak
Hak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan

Dasar hukum untuk membela hak asasi manusia di Indonesia ditulis dalam empat undang-undang yang menjatuhkan hak asasi manusia, yaitu UUD 1945, Keputusan MPR, Undang-Undang, Peraturan Daerah, Keputusan Presiden, dll. Salah satu dari empat undang-undang adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, seperti Pasal 27, ayat 1, Pasal 28, Pasal 29, ayat 2, Pasal 30, ayat 1 dan Pasal 31, ayat 1. Hak asasi manusia dirayakan setiap tahun di semua negara di dunia. pada 10 Desember.

Itulah pembahasan contoh teks editorial tentang masalah Hukum, semoga bermanfaat dan menambah ilmu oengetahuan bagi semua pembaca !

Artikel terkait : https://materibelajar.co.id