7 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Pulau Tidung

Sebagai salah satu tujuan populer di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung tidak ada sepinya dari pengunjung. Tidak heran karena Pulau Tidung memiliki banyak objek wisata menarik. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari tempat makan, penginapan, moda transportasi, berbagai kegiatan menarik, dan banyak lagi lainnya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

1. Pulau Tidung Kecil

Pertama, Pulau Tidung Kecil yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat tinggal. Di pulau ini, Anda dapat menemukan vegetasi hutan bakau yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Ini adalah salah satu tempat terbaik bagi Anda untuk mempelajari semua hal tentang jenis-jenis mangrove yang digunakan sebagai keseimbangan ekosistem di Pulau Tidung.

2. Jembatan Cinta

Jembatan ini memiliki mitos jika ada sepasang kekasih yang melewatinya, hubungan mereka akan bertahan lama. Cie, siapa yang pernah membuktikan mitos ini?

Selain itu, sebenarnya Jembatan Cinta digunakan sebagai penghubung antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Selain itu, area laut di sekitar jembatan sepanjang 800 meter adalah salah satu tempat terbaik untuk snorkeling.

3. Pulau Tidung Besar

Pulau ini sangat indah karena memiliki keindahan alam dengan pantai pasir putihnya yang menawan. Di sini Anda dapat menikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan.

4. Pantai Saung Cemara Kasih

Bagi warga Jakarta yang mengambil foto saat bermain ayunan di tengah laut, mereka tidak perlu jauh ke Lombok atau Bali. Anda dapat menemukan sensasi serupa yang tidak kalah menarik di sini.

Kurang lebih ada lima ayunan yang merupakan spot foto populer di Pantai Saung Cemara Kasih. Ada juga tempat favorit dengan tiga garis ayun dan Anda harus rela mengantri untuk dapat menggunakannya. Sambil berbaris, Anda bisa menunggu di saung atau bale dan menikmati angin laut.

5. Makam raja

Tidak hanya objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Anda juga dapat mengikuti tur ziarah dengan mengunjungi makam bersejarah. Konon, menurut warga setempat, makam itu adalah tempat di mana jenazah Raja Pandhita dan Panglima Hitam dimakamkan.

Pandhita dianggap sebagai raja yang baik hati yang juga menemukan Pulau Tidung. Sedangkan, Panglima Hitam adalah pejuang yang sangat gigih ketika melawan kolonial Belanda.

6. Watersport

Fasilitas di Pulau Tidung sudah memadai, termasuk berbagai opsi perairan. Anda dapat menemukan banyak operator watersport di dekat Jembatan Cinta. Harganya bervariasi, mulai dari Rp. 30-100 ribu, tergantung pada jenis permainan dan kelihaian Anda dalam tawar-menawar.

Beberapa opsi watersport yang dapat Anda pilih termasuk ikan terbang, donat, jetski, banana boat, dan sebagainya.

7. Taman laut

Selain snorkeling, Anda juga bisa menyelam di Pulau Tidung. Anda akan kagum dengan keindahan terumbu karang yang masih terjaga. Selama menyelam, Anda akan ditemani berbagai ikan cantik.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Pulau Tidung. Tentu saja akan terasa kurang jika Anda berlibur di sini hanya sepanjang hari. Jadi kapan Anda ingin pergi ke sana?