5 Tips Aman Jual Beli Di Toko Online


Telah dilaporkannya dari sebuah studi yang dilakukan oleh Forreter jika pada saat akan menjelang liburan, maka akan meningkatnya konsumen yang berbelanja secara online. Yang merasa senang tidak hanya situs situs web jualan saja, tetapi juga para “penjahat digital” akan merasa bahagia. Pasalnya akan ada banyaknya transaksi, sehingga akan semakin besar juga kemungkinan mereka untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Lalu bagaimana caranya supaya terhindar dari gangguan para penjahat di toko online?

Berikut 5 tips aman melakukan jual beli secara online diantaranya yaitu :

  • Melakukan Riset Terhadap Situs Web Tempat Kamu Berbelanja

Jika kamu akan berbelanja secara online di situs Web yang kamu sendiri kurang mengetahuinya, maka cobalah periksa nomor telepon si penjual lalu hubungi. Jika tidak menyakinkan cobalah kamu kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo lalu masukkan kedalam nama situs Web tersebut. Kemudian kamu cari ulasan dari konsumen Web tersebut. Jika kamu menemukan sesuatu yang tidak beres maka sebaiknya kamu meningalkan situs Web tersebut.

  • Membaca Dengan Baik Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi Kamu

Jangan sampai adanya poin didalam sebuah kebijakan Web yang mengatakan jika pengelola situs Web tersebut bisa memberikan data pribadi kamu kepada pihak yang lainnya. Kamu juga harus membaca kebijakan tentang pengembalian barang. Pasalnya barang yang akan kamu beli tidak dapat dilihat secara fisik, sehingga harus adanya garansi jika ternyata barang yang dikirim cacat, kamu bisa mengembalikan barang yang cacat tersebut dan tentunya untuk diganti dengan barang yang baru atau uang dikembalikan. Kamu juga harus memeriksa orang yang telah membayar pengembalian barang tersebut.

  • Memeriksa Paket Barang Dengan Membaca Deskripsi Produk Baik Baik

Kamu harus waspada terhadap barang bermerk tetapi dijual dengan potongan harga yang sangat banyak.

  • Tidak Mudah Tergoda Barang Murah

Pada saat adanya tawaran barang berharga murah yang datang melalui e-mail, sebaiknya kamu jangan langsung tergoda. Terlebih lagi jika meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail, maka biasanya itu adalah kerjaan spammer. Kamu harus waspada karena ternyata spammer ini bisa juga merayu. Mereka seolah olah akan mengirimkan e-mail yang berasal dari perusahaan baik baik. Sebaiknya kamu mengunjungi terlebih dahulu situs Web perusahaan baik baik tersebut dan belanja langsung dari sana. Jangalah berbelanja melalui e-mail ataupun jendela pop up.

  • Mencari Tanda Jika Situs Web Tersebut Aman

Biasanya tanda aman dari sebuah situs Web itu berupa gambar gambok di baris status atau status bar Browser. Oleh karena itu periksa terlebih dahulu tanda itu ada, sebelum kamu memasukkan informasi data pribadi. Pada saat adanya permintaan untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, cobalah kamu lihat alamat situs Web tersebut. Harusnya alamat situs Web tersebut akan berubah dari http ke shttp atau https. Itu berarti jika informasi pembayaran tersebut dienkripsi atau aman.

Itulah 5 tips aman melakukan jual beli secara online. Selain itu masih ada tips aman lainnya seperti dengan mempertimbangkan cara pembayarannya. Biasanya pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit maka kamu akan memiliki bukti kuat jika kamu sudah melakukan transaksi jika nantinya barang tidak diantar ataupun tidak sesuai dengan pesanan.